Rabu, 02 Mei 2012

SEJARAH PENDIRIAN NEGARA AUSTRALIA


SEJARAH PENDIRIAN NEGARA AUSTRALIA
Pada tahun 1770 Kapten James Cook yang diperintahkan Angkatan Laut Inggris untuk melakukan penjelajahan, dan mendarat di pantai timur australia dan mengklaimnya senagai bagian dari inggris. Pada tahun 1778 inggris mengirim armada yang terdiri atas 11 Kapal, membawa para narapidana untuk memulai koloni penjara di australia. Armada tersebut mendarat di teluk botany tetapi gubernur pertama, Arthur Philip bertempat tinggal didaerah baru yang akhirnya menjadi kota Sydney.
Sekitar 160.000 narapidana dikirim ke australia selama 80 tahun berikutnya, tetapi sejak tahun 1810 pemukim inggris  datang sendiri secara suka rela. Setelah tahun 1850 para pendatang membangun lahan peternakan domba yang luas di bagian dalam daerah tersebut. Banyak suku Aborigin yang terbunuh karena mereka berjuang mempertahankan tanah mereka.  Pada tahun 1851, ditemukan tambang emas didaerah  New South Wales dan Victoria. Ribuan orang datang ke Australia untuk mencari peruntungan, meningkatkan populasi tiga kali lipat menjadi 1, 1 juta hanya dalam 9 tahun.
Setelah ditemukan tambang emas mantan penambang berkampanye untuk membuka lahan perkebunan dan pertanian. Yaitu membebaskan lahan dari para pemilik tanah dan pekerja untuk petani-petani kecil. Pada tahun 1880 dan 1890-an orang australia mulai sadar akan identitas nasional mereka, sebagian karena pemain kriket australia berprestasi dan menuntut pemerintahan sendiri.
Pada tahun 1901, Australia menjadi negara Commonwealth Australia yang merdeka, yang memiliki parlemen sendiri di Melbourne. Pada 1927  pemerintahan australia berpindah ke ibu kota baru di Canberra. Pada awal 2000 australia memilih untuk tetap menjadikan Ratu Inggris sebagai kepala negara daripada menjadi sebuah Republik.

                                                Pontianak, Desember 2011.
                                                Penulis : SAPARUDDIN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar