Rabu, 02 Mei 2012


GERAKAN RENAISSANCE
Renaissance adalah revolusi besar dalam seni dan pemikiran di italia dan kemudian menyebar ke eropa sekitar tahun 1300-1500. Renaissance berasal dari bahasa latin “Renascari” yang artinya “ Kelahiran Kembali” karena merupakan kebangkitan kembali atas ketertarikan terhadap karya klasik dunia dari yunani dan romawi.
Renaissance berawal dari keraguan masyarakat kalau gereja memiliki semua jawaban karena itu, para cendikiawan secara bertahap mengembangkan “Humanisme” yaitu ide bahwa manusia merupakan pusat dari segala hal bukan tuhan. Pendorong renaissance adalah kejatuhan konstantinopel pada 1453, yang membuat para cendikiawan yunani kabur ke italia tempat mereka mendirikan akademi-akademi di kota-kota seperti Florence dan Padua.
Para seniman di masa renaissance terinspirasi dari contoh-contoh klasik, dan mulai mencoba dan meletakan manusia sebagai pusat karya mereka  dan melukiskan manusia dan alam secara realistis, bukan sebagai  simbol-simbol agama. Sehingga renaissance menghasilkan beberapa maha karya dunia. Pada tahun 1400, seniman jenius seperti Donatello menciptakan lukisan dan patung realistis. Seniman besar lainnya di masa ini adalah Michaelangelo, Raphael dan Leonardo Da Vinci, pada tahun 1400-an, ide-ide renaissance menyebar ke eropa timur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar