Rabu, 02 Mei 2012

RPP




Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)


Nama sekolah                          : MAS Mathla’ul Anwar PONTIANAK
Program                                   : Ilmu pengetahuan sosial
Mata Pealjaran             : Sejarah Nasional Indonesia
Kelas/Semester                        : XI/1

Standar kompetensi                  : Menganalis Perjalanan Bangsa Indonesia
                                                  Pada masa-masa Negara Tradisional

Kompetensi Dasar                    : Menganalisis pengaruh perkembangan
                                                  Agama dan kebudayaan Hindu-Budda
                                                  Terhadap masyarakat di berbagai daerah
                                                  Di indonesia.

Indikator                                  : Mendiskripsika Hipotesis Waisya tentang
                                                  Proses masuk danberkembangnya agama
                                                  Dan kebudayaan Hindu-Budda di pulau
                                                  Indonesia.

Alokasi waktu                          : 2x35 Menit

A .Tujuan pembelajaran
            Setelah mengikuti pelajaran ini siswa mampu mendiskripsika tentang hipotesis waisya, masuk dan berkembangnya agama, kebudayaan Hindi-Budda di Indonesia.




B . Materi Ajar

1.      Agama dan kebudayaan Hindu di India
2.      Agama dan kebudayaan Budda di india

C . Metode pembelajaran
           
1.      Ceramah
2.      Tanya jawab
3.      Penugasan

D . Langkah-langkah kegiatan pembelajaran

Fase I : Pendahuluan                                                                             (10 menit)

No
Kegiatan guru
Kegiatan siswa
1




2
Membuka dan memberi salam sekaligus memeriksa kehadiran siswa, serta mengecek kebersihan dan kerapian kelas

Apersepsi guru membuka pembelajaran dengan menjelaskan secara secara garis besar mengenai tentanng hipotesis waisya di indonesia
Menjawab dan mengecek




Mengamati dan membuka buku paket yang dimiliki oleh masing-masing siswa




Fase II : Kegiatan inti                                                                            (40 menit)

NO

Kegiatan guru

Kegiatan siswa
1






2




3
Memberikan permasalahan
Dan menyampaikan tujuan pembelajaran mengenai:
Hepotesis para ahli tentang masuknya agama dan kebudayaan hindu budda di kepulauan indonesia.

Menyampaikan tujuan pembelajaran serta manjelaskan proses masuknya agama dan kebudayaan hindi budda di kepulauan indonesia.

Guru bersama dengan siswa menyimpulkan masalah pembelajaran mengenai proses masuknya agama dan kebudayaan hindu-budda dikepulaun indonesia
Mencatat dan mendengarkan permasalahan yang di berikan oleh guru





Mendengar dan memperhatikan




Mendengar dan memperhatikan









Fase III : penutup                                                                                 (20 menit)
No
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
1



2


3



4


5
Guru menugaskan dan mengarahkan siswa untuk menyiapkan buku latihan buat mengerjakan soal-soal latihan.

Membacakan soal kepada peserta didik.

Membimbing dan mengawasi peserta didik dalam menjawab soal-soal

 Guru meminta kepada peserta didik untuk mengumpulkan dan  mengecek soal-soal yang telah di jawab.

Penutup,membaca do’a dan guru wajib memberi salam kepada peserta didik.


Mendengarkan dan menjalankan perintah gurunya


Mendengar dan mencatat soal yang dibacakan.


Mengumpulkan lembaran jawaban kepada guru

Mendengarkan dan mengumpulkan lembar jawaban kepada guru


Menjawab.

E . Alat dan bahan serta sumber belajar
            1. papan tulis
            2. kapur tulis/spidul
            3. Buku LKS Sejarah penerbit HAYATI SABAR
            4. Peta konsep

F. Penskoran

No
Soal- soal
Jawaban
Skor
1
Dewa tertinggi didalam agama hindu adalah?
Dewa Trimurti
20
2
Agama buddha bersipat?
Monotheisme
20

3

Sebutkan isi dan pungsi dari Dewa Trimurti

1.Dewa Brahmana yang   berpungsi sebagai pencipta
2.Dewa Wisnu,berfungsi sebagai pelindung
3.Dewa Sywa berfungsi sebagai perusak.




30
4
Sebutkan isi dari ATHARWAWEDA
Isinya adalah mantra-mantra dan jampi-jampi untuk sihir dan ilmu gaib,serta mengusir penyakit, menghancurkan musuh, memikat cinta memperoleh kedudukan serta kekuasaan dan sebagainya.




30
5
Jumlah skor

100

N=       X  100


Pontianak ,           november 2010


Guru pamong                                                                                        Mahasiswa ppl


               Maizeng S.ag                                                                                                         Mawani
      Nip.197308142007101002                                                                            NIM:220700199

Mengetahui

Dosen Pembimbing
Minal Ardi S.H
                                                                         Npp.13898027













Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)

                                                
Nama sekolah                         : MADRASAH ALIAH MATHLA’UL  ANWAR
Program                                  : Ilmu Pengetahuan Sosial
Mata pelajaran                        : Sejarah Nasional Indonesia
Kelas/semester            : XI/1
Standar kompetensi               : Menganalisis pengaruh perkembangan agma agama dan
kebudayaan Hindu-Budda terhadap masyarakat di berbagai       daerah di indonesia.

Indikator                                   : Mendiskripsikan hipotesis arus balik tentang prosesmasuk dan
                                                     berkembangnya agama dan kebudayaan Hindu-Budda di
                                                     kepulauan indonesia.

Alokasi waktu                          :2x35 menit




A.Tujuan pembelajaran
            Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran ini siswa mampu menjelaskan pengertian proses arus balik tentang masuk dan berkembangnya agama dan kebudayaan Hindu-Budda di kepulauan indonesia.

B. Materi pembelajaran

1.      Perkembangan agama dan kebudayaan Hindu-Budda di indonesia.
2.      Kehidupan sosial politik, ekonomi, dan budaya indonesia pada masa kerajaan Hindu-Budda.

C. Metode pembelajaran
            1. Ceramah
            2. Tanya jawab
            3. Penugasan
D. Langkah-langkah Kegiatan pembelajaran

Fase 1  : Pendahuluan                                                                           (10 menit)
 

NO

Kegiatan guru

Kegiatan siswa
1




2



Membuka dan memberi salam dan membaca do’a kemudian Memeriksa kehadiran siswa dan mengecek kerpian siswa,kebersihan kelas

Apersepsi guru membuka pelajaran dengan menjelaskan secara garis besar mengenai pengertian

Menjawab dan mengecek




Mengamati dan membuka buku paket yang dimiliki oleh peserta didik



Fase  II, Kegiatan Inti


NO

Kegiatan guru

Kegiatan siswa
1







2



Memberikan permasalahan
Dan menyampaikan tujuan pembelajaran mengenai:
Hipotesis arus balik proses masuknya dan berkembangnya agama dan kebudayaan Hindu-Budda di kepulauan indonesia.

Guru bersama siswa menyimpulkan materi yang telah dibaha
Mencatat, memperhatikan.







Mendengarkan dan memperhatikan


Fase III : penutup                                                                                 (20 menit)
No
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
1



2

3

4



5
Guru menugaskan dan mengarahkan siswa untuk menyiapkan buku latihan buat mengerjakan soal-soal latihan.
                      
Membacakan soal kepada peserta didik.
Membimbing dan mengawasi peserta didik dalam menjawab soal-soal
Guru meminta kepada peserta didik untuk mengumpulkan dan  mengecek soal-soal yang telah di jawab.

Penutup,membaca do’a dan guru wajib memberi salam kepada peserta didik.


Mendengarkan dan menjalankan perintah gurunya


Mendengar dan mencatat soal yang dibacakan.

Mengumpulkan lembaran jawaban kepada guru
Mendengarkan dan mengumpulkan lembar jawaban kepada guru


Menjawab.

E. Alat dan bahan serta sumber belajar
            1. papan tulis
            2. kapur tulis/spidul
            3. Buku Paket SMA Kelas XI,I Wayan badrika
            4. Card
 F. Penskoran
No
Soal-soal
Jawaban
skor
1







2


3


4





Seperti yang kita ketahui ada di beberapa candi yang terdapat reliep di dalamnya, yang melukiskan suatu cerita.
Yang jadi pertanyaan, candi, apa-apa saja yang terdapat reliep di dalamnya?

Siapa Pengarang Kitap Ramayana???


Apa-apa saja yang terdapat di dalam Kasta Ksatria?

Sistem dan Struktur Sosial apa saja yang di terapkan pada masa Kerajaan Hindu?



Candi-candi yang terdapat reliep didalamnya adalah:
1.Candi Lara Jongrang
2.Candi Borobudur
3.Candi Jago dan Penataran
4.Candi Telawangi dan Sukuh


Dikarang oleh Walmiliki, yang terdiri dari 18 parwa

Adnya golongan Raja, Prajurit, serta Bangsawan.

Masyarakat Hindu Menganut sistem kasta yang di buat oleh bangsa Arya(bangsa pendatang dari indo jerman) yang bertujuan untuk memurnikan golonganya.




30




20


20


30



4
Jumlah skor

100

N=       X  100
                                                                             
                                                                                   
8027
Pontianak ,           november 2010


              Guru pamong                                                                                         Mahasiswa ppl


               Maizeng S.ag                                                                                                      Mawani
      Nip.197308142007101002                                                                           NIM:220700199

Mengetahui

Dosen Pembimbing


Minal Ardi S.H
                                                                     Npp. 38098027



























  

Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)


Nama sekolah                          : MAS Mathla’ul Anwar PONTIANAK
Program                                   : Ilmu pengetahuan sosial
Mata Pealjaran             : Sejarah Nasional Indonesia
Kelas/Semester                        : XI/1

Standar kompetensi                  : Menganalis Perjalanan Bangsa Indonesia
                                                  Pada masa-masa Negara Tradisional

Kompetensi Dasar                    : Menganalisis pengaruh perkembangan
                                                  Agama dan kebudayaan Hindu-Budda
                                                  Terhadap masyarakat di berbagai daerah
                                                  Di indonesia.

Indikator                                  : Mendiskripsika Hipotesis Waisya tentang
                                                  Proses masuk danberkembangnya agama
                                                  Dan kebudayaan Hindu-Budda di pulau
                                                  Indonesia.

Alokasi waktu                          : 2x35 Menit

A .Tujuan pembelajaran
            Setelah mengikuti pelajaran ini siswa mampu mendiskripsika tentang hipotesis waisya, masuk dan berkembangnya agama, kebudayaan Hindi-Budda di Indonesia.




B . Materi Ajar

1.      Agama dan kebudayaan Hindu di India
2.      Agama dan kebudayaan Budda di india

C . Metode pembelajaran
           
1.      Ceramah
2.      Tanya jawab
3.      Penugasan

D . Langkah-langkah kegiatan pembelajaran

Fase I : Pendahuluan                                                                             (10 menit)

No
Kegiatan guru
Kegiatan siswa
1




2
Membuka dan memberi salam sekaligus memeriksa kehadiran siswa, serta mengecek kebersihan dan kerapian kelas

Apersepsi guru membuka pembelajaran dengan menjelaskan secara secara garis besar mengenai tentanng hipotesis waisya di indonesia
Menjawab dan mengecek




Mengamati dan membuka buku paket yang dimiliki oleh masing-masing siswa




Fase II : Kegiatan inti                                                                            (40 menit)

NO

Kegiatan guru

Kegiatan siswa
1






2




3
Memberikan permasalahan
Dan menyampaikan tujuan pembelajaran mengenai:
Hepotesis para ahli tentang masuknya agama dan kebudayaan hindu budda di kepulauan indonesia.

Menyampaikan tujuan pembelajaran serta manjelaskan proses masuknya agama dan kebudayaan hindi budda di kepulauan indonesia.

Guru bersama dengan siswa menyimpulkan masalah pembelajaran mengenai proses masuknya agama dan kebudayaan hindu-budda dikepulaun indonesia
Mencatat dan mendengarkan permasalahan yang di berikan oleh guru





Mendengar dan memperhatikan




Mendengar dan memperhatikan









Fase III : penutup                                                                                 (20 menit)
No
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
1



2


3



4


5
Guru menugaskan dan mengarahkan siswa untuk menyiapkan buku latihan buat mengerjakan soal-soal latihan.

Membacakan soal kepada peserta didik.

Membimbing dan mengawasi peserta didik dalam menjawab soal-soal

 Guru meminta kepada peserta didik untuk mengumpulkan dan  mengecek soal-soal yang telah di jawab.

Penutup,membaca do’a dan guru wajib memberi salam kepada peserta didik.


Mendengarkan dan menjalankan perintah gurunya


Mendengar dan mencatat soal yang dibacakan.


Mengumpulkan lembaran jawaban kepada guru

Mendengarkan dan mengumpulkan lembar jawaban kepada guru


Menjawab.

E . Alat dan bahan serta sumber belajar
            1. papan tulis
            2. kapur tulis/spidul
            3. Buku LKS Sejarah penerbit HAYATI SABAR
            4. Peta konsep

F. Penskoran

No
Soal- soal
Jawaban
Skor
1
Dewa tertinggi didalam agama hindu adalah?
Dewa Trimurti
20
2
Agama buddha bersipat?
Monotheisme
20

3

Sebutkan isi dan pungsi dari Dewa Trimurti

1.Dewa Brahmana yang   berpungsi sebagai pencipta
2.Dewa Wisnu,berfungsi sebagai pelindung
3.Dewa Sywa berfungsi sebagai perusak.




30
4
Sebutkan isi dari ATHARWAWEDA
Isinya adalah mantra-mantra dan jampi-jampi untuk sihir dan ilmu gaib,serta mengusir penyakit, menghancurkan musuh, memikat cinta memperoleh kedudukan serta kekuasaan dan sebagainya.




30
5
Jumlah skor

100

N=       X  100




























Pontianak ,           november 2010


Guru pamong                                                                                        Mahasiswa ppl


               Maizeng S.ag                                                                                                         Mawani
      Nip.197308142007101002                                                                            NIM:220700199

Mengetahui

Dosen Pembimbing
Minal Ardi S.H
                                                                         Npp.13898027













Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)

                                                
Nama sekolah                         : MADRASAH ALIAH MATHLA’UL  ANWAR
Program                                  : Ilmu Pengetahuan Sosial
Mata pelajaran                        : Sejarah Nasional Indonesia
Kelas/semester            : XI/1
Standar kompetensi               : Menganalisis pengaruh perkembangan agma agama dan
kebudayaan Hindu-Budda terhadap masyarakat di berbagai       daerah di indonesia.

Indikator                                   : Mendiskripsikan hipotesis arus balik tentang prosesmasuk dan
                                                     berkembangnya agama dan kebudayaan Hindu-Budda di
                                                     kepulauan indonesia.

Alokasi waktu                          :2x35 menit




A.Tujuan pembelajaran
            Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran ini siswa mampu menjelaskan pengertian proses arus balik tentang masuk dan berkembangnya agama dan kebudayaan Hindu-Budda di kepulauan indonesia.

B. Materi pembelajaran

1.      Perkembangan agama dan kebudayaan Hindu-Budda di indonesia.
2.      Kehidupan sosial politik, ekonomi, dan budaya indonesia pada masa kerajaan Hindu-Budda.

C. Metode pembelajaran
            1. Ceramah
            2. Tanya jawab
            3. Penugasan
D. Langkah-langkah Kegiatan pembelajaran

Fase 1  : Pendahuluan                                                                           (10 menit)
 

NO

Kegiatan guru

Kegiatan siswa
1




2



Membuka dan memberi salam dan membaca do’a kemudian Memeriksa kehadiran siswa dan mengecek kerpian siswa,kebersihan kelas

Apersepsi guru membuka pelajaran dengan menjelaskan secara garis besar mengenai pengertian

Menjawab dan mengecek




Mengamati dan membuka buku paket yang dimiliki oleh peserta didik



Fase  II, Kegiatan Inti


NO

Kegiatan guru

Kegiatan siswa
1







2



Memberikan permasalahan
Dan menyampaikan tujuan pembelajaran mengenai:
Hipotesis arus balik proses masuknya dan berkembangnya agama dan kebudayaan Hindu-Budda di kepulauan indonesia.

Guru bersama siswa menyimpulkan materi yang telah dibaha
Mencatat, memperhatikan.







Mendengarkan dan memperhatikan


Fase III : penutup                                                                                 (20 menit)
No
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
1



2

3

4



5
Guru menugaskan dan mengarahkan siswa untuk menyiapkan buku latihan buat mengerjakan soal-soal latihan.
                      
Membacakan soal kepada peserta didik.
Membimbing dan mengawasi peserta didik dalam menjawab soal-soal
Guru meminta kepada peserta didik untuk mengumpulkan dan  mengecek soal-soal yang telah di jawab.

Penutup,membaca do’a dan guru wajib memberi salam kepada peserta didik.


Mendengarkan dan menjalankan perintah gurunya


Mendengar dan mencatat soal yang dibacakan.

Mengumpulkan lembaran jawaban kepada guru
Mendengarkan dan mengumpulkan lembar jawaban kepada guru


Menjawab.

E. Alat dan bahan serta sumber belajar
            1. papan tulis
            2. kapur tulis/spidul
            3. Buku Paket SMA Kelas XI,I Wayan badrika
            4. Card
 F. Penskoran
No
Soal-soal
Jawaban
skor
1







2


3


4





Seperti yang kita ketahui ada di beberapa candi yang terdapat reliep di dalamnya, yang melukiskan suatu cerita.
Yang jadi pertanyaan, candi, apa-apa saja yang terdapat reliep di dalamnya?

Siapa Pengarang Kitap Ramayana???


Apa-apa saja yang terdapat di dalam Kasta Ksatria?

Sistem dan Struktur Sosial apa saja yang di terapkan pada masa Kerajaan Hindu?



Candi-candi yang terdapat reliep didalamnya adalah:
1.Candi Lara Jongrang
2.Candi Borobudur
3.Candi Jago dan Penataran
4.Candi Telawangi dan Sukuh


Dikarang oleh Walmiliki, yang terdiri dari 18 parwa

Adnya golongan Raja, Prajurit, serta Bangsawan.

Masyarakat Hindu Menganut sistem kasta yang di buat oleh bangsa Arya(bangsa pendatang dari indo jerman) yang bertujuan untuk memurnikan golonganya.




30




20


20


30



4
Jumlah skor

100

N=       X  100
                                                                             
                                                                                   
8027
Pontianak ,           november 2010


              Guru pamong                                                                                         Mahasiswa ppl


               Maizeng S.ag                                                                                                      Mawani
      Nip.197308142007101002                                                                           NIM:220700199

Mengetahui

Dosen Pembimbing


Minal Ardi S.H
                                                                     Npp. 38098027


























  

Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)


Nama sekolah                          : MAS Mathla’ul Anwar PONTIANAK
Program                                   : Ilmu pengetahuan sosial
Mata Pealjaran             : Sejarah Nasional Indonesia
Kelas/Semester                        : XI/1

Standar kompetensi                  : Menganalis Perjalanan Bangsa Indonesia
                                                  Pada masa-masa Negara Tradisional

Kompetensi Dasar                    : Menganalisis pengaruh perkembangan
                                                  Agama dan kebudayaan Hindu-Budda
                                                  Terhadap masyarakat di berbagai daerah
                                                  Di indonesia.

Indikator                                  : Mendiskripsika Hipotesis Waisya tentang
                                                  Proses masuk danberkembangnya agama
                                                  Dan kebudayaan Hindu-Budda di pulau
                                                  Indonesia.

Alokasi waktu                          : 2x35 Menit

A .Tujuan pembelajaran
            Setelah mengikuti pelajaran ini siswa mampu mendiskripsika tentang hipotesis waisya, masuk dan berkembangnya agama, kebudayaan Hindi-Budda di Indonesia.




B . Materi Ajar

1.      Agama dan kebudayaan Hindu di India
2.      Agama dan kebudayaan Budda di india

C . Metode pembelajaran
           
1.      Ceramah
2.      Tanya jawab
3.      Penugasan

D . Langkah-langkah kegiatan pembelajaran

Fase I : Pendahuluan                                                                             (10 menit)

No
Kegiatan guru
Kegiatan siswa
1




2
Membuka dan memberi salam sekaligus memeriksa kehadiran siswa, serta mengecek kebersihan dan kerapian kelas

Apersepsi guru membuka pembelajaran dengan menjelaskan secara secara garis besar mengenai tentanng hipotesis waisya di indonesia
Menjawab dan mengecek




Mengamati dan membuka buku paket yang dimiliki oleh masing-masing siswa




Fase II : Kegiatan inti                                                                            (40 menit)

NO

Kegiatan guru

Kegiatan siswa
1






2




3
Memberikan permasalahan
Dan menyampaikan tujuan pembelajaran mengenai:
Hepotesis para ahli tentang masuknya agama dan kebudayaan hindu budda di kepulauan indonesia.

Menyampaikan tujuan pembelajaran serta manjelaskan proses masuknya agama dan kebudayaan hindi budda di kepulauan indonesia.

Guru bersama dengan siswa menyimpulkan masalah pembelajaran mengenai proses masuknya agama dan kebudayaan hindu-budda dikepulaun indonesia
Mencatat dan mendengarkan permasalahan yang di berikan oleh guru





Mendengar dan memperhatikan




Mendengar dan memperhatikan









Fase III : penutup                                                                                 (20 menit)
No
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
1



2


3



4


5
Guru menugaskan dan mengarahkan siswa untuk menyiapkan buku latihan buat mengerjakan soal-soal latihan.

Membacakan soal kepada peserta didik.

Membimbing dan mengawasi peserta didik dalam menjawab soal-soal

 Guru meminta kepada peserta didik untuk mengumpulkan dan  mengecek soal-soal yang telah di jawab.

Penutup,membaca do’a dan guru wajib memberi salam kepada peserta didik.


Mendengarkan dan menjalankan perintah gurunya


Mendengar dan mencatat soal yang dibacakan.


Mengumpulkan lembaran jawaban kepada guru

Mendengarkan dan mengumpulkan lembar jawaban kepada guru


Menjawab.

E . Alat dan bahan serta sumber belajar
            1. papan tulis
            2. kapur tulis/spidul
            3. Buku LKS Sejarah penerbit HAYATI SABAR
            4. Peta konsep

F. Penskoran

No
Soal- soal
Jawaban
Skor
1
Dewa tertinggi didalam agama hindu adalah?
Dewa Trimurti
20
2
Agama buddha bersipat?
Monotheisme
20

3

Sebutkan isi dan pungsi dari Dewa Trimurti

1.Dewa Brahmana yang   berpungsi sebagai pencipta
2.Dewa Wisnu,berfungsi sebagai pelindung
3.Dewa Sywa berfungsi sebagai perusak.




30
4
Sebutkan isi dari ATHARWAWEDA
Isinya adalah mantra-mantra dan jampi-jampi untuk sihir dan ilmu gaib,serta mengusir penyakit, menghancurkan musuh, memikat cinta memperoleh kedudukan serta kekuasaan dan sebagainya.




30
5
Jumlah skor

100

N=       X  100




























Pontianak ,           november 2010


Guru pamong                                                                                        Mahasiswa ppl


               Maizeng S.ag                                                                                                         Mawani
      Nip.197308142007101002                                                                            NIM:220700199

Mengetahui

Dosen Pembimbing
Minal Ardi S.H
                                                                         Npp.13898027













Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)

                                                
Nama sekolah                         : MADRASAH ALIAH MATHLA’UL  ANWAR
Program                                  : Ilmu Pengetahuan Sosial
Mata pelajaran                        : Sejarah Nasional Indonesia
Kelas/semester            : XI/1
Standar kompetensi               : Menganalisis pengaruh perkembangan agma agama dan
kebudayaan Hindu-Budda terhadap masyarakat di berbagai       daerah di indonesia.

Indikator                                   : Mendiskripsikan hipotesis arus balik tentang prosesmasuk dan
                                                     berkembangnya agama dan kebudayaan Hindu-Budda di
                                                     kepulauan indonesia.

Alokasi waktu                          :2x35 menit




A.Tujuan pembelajaran
            Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran ini siswa mampu menjelaskan pengertian proses arus balik tentang masuk dan berkembangnya agama dan kebudayaan Hindu-Budda di kepulauan indonesia.

B. Materi pembelajaran

1.      Perkembangan agama dan kebudayaan Hindu-Budda di indonesia.
2.      Kehidupan sosial politik, ekonomi, dan budaya indonesia pada masa kerajaan Hindu-Budda.

C. Metode pembelajaran
            1. Ceramah
            2. Tanya jawab
            3. Penugasan
D. Langkah-langkah Kegiatan pembelajaran

Fase 1  : Pendahuluan                                                                           (10 menit)
 

NO

Kegiatan guru

Kegiatan siswa
1




2



Membuka dan memberi salam dan membaca do’a kemudian Memeriksa kehadiran siswa dan mengecek kerpian siswa,kebersihan kelas

Apersepsi guru membuka pelajaran dengan menjelaskan secara garis besar mengenai pengertian

Menjawab dan mengecek




Mengamati dan membuka buku paket yang dimiliki oleh peserta didik



Fase  II, Kegiatan Inti


NO

Kegiatan guru

Kegiatan siswa
1







2



Memberikan permasalahan
Dan menyampaikan tujuan pembelajaran mengenai:
Hipotesis arus balik proses masuknya dan berkembangnya agama dan kebudayaan Hindu-Budda di kepulauan indonesia.

Guru bersama siswa menyimpulkan materi yang telah dibaha
Mencatat, memperhatikan.







Mendengarkan dan memperhatikan


Fase III : penutup                                                                                 (20 menit)
No
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
1



2

3

4



5
Guru menugaskan dan mengarahkan siswa untuk menyiapkan buku latihan buat mengerjakan soal-soal latihan.
                      
Membacakan soal kepada peserta didik.
Membimbing dan mengawasi peserta didik dalam menjawab soal-soal
Guru meminta kepada peserta didik untuk mengumpulkan dan  mengecek soal-soal yang telah di jawab.

Penutup,membaca do’a dan guru wajib memberi salam kepada peserta didik.


Mendengarkan dan menjalankan perintah gurunya


Mendengar dan mencatat soal yang dibacakan.

Mengumpulkan lembaran jawaban kepada guru
Mendengarkan dan mengumpulkan lembar jawaban kepada guru


Menjawab.

E. Alat dan bahan serta sumber belajar
            1. papan tulis
            2. kapur tulis/spidul
            3. Buku Paket SMA Kelas XI,I Wayan badrika
            4. Card
 F. Penskoran
No
Soal-soal
Jawaban
skor
1







2


3


4





Seperti yang kita ketahui ada di beberapa candi yang terdapat reliep di dalamnya, yang melukiskan suatu cerita.
Yang jadi pertanyaan, candi, apa-apa saja yang terdapat reliep di dalamnya?

Siapa Pengarang Kitap Ramayana???


Apa-apa saja yang terdapat di dalam Kasta Ksatria?

Sistem dan Struktur Sosial apa saja yang di terapkan pada masa Kerajaan Hindu?



Candi-candi yang terdapat reliep didalamnya adalah:
1.Candi Lara Jongrang
2.Candi Borobudur
3.Candi Jago dan Penataran
4.Candi Telawangi dan Sukuh


Dikarang oleh Walmiliki, yang terdiri dari 18 parwa

Adnya golongan Raja, Prajurit, serta Bangsawan.

Masyarakat Hindu Menganut sistem kasta yang di buat oleh bangsa Arya(bangsa pendatang dari indo jerman) yang bertujuan untuk memurnikan golonganya.




30




20


20


30



4
Jumlah skor

100

N=       X  100
                                                                             
                                                                                   
8027
Pontianak ,           november 2010


              Guru pamong                                                                                         Mahasiswa ppl


               Maizeng S.ag                                                                                                      Mawani
      Nip.197308142007101002                                                                           NIM:220700199

Mengetahui

Dosen Pembimbing


Minal Ardi S.H
                                                                     Npp. 38098027
















































































Tidak ada komentar:

Posting Komentar