RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SMA/MA. :
SMA Hidayatul Muhsinin
Program :
Ilmu Pengetahuan Sosial
Mata Pelajaran : Sejarah
Kelas/Semester :
XI/1
Standar
Kompetensi : 1. Menganalisis Perjalanan Bangsa Indonesia pada
Masa
Negara-negara Tradisional
Kompetensi Dasar :
1.1. Menganalisis Pengaruh Perkembangan Agama dan
Kebudayaan Hindu-Buddha terhadap Masyarakat
di Berbagai Daerah di Indonesia
Indikator : - Mendeskripsikan lahir dan berkembangnya agama
dan
kebudayaan Hindu-Buddha di India
Alokasi Waktu : 2x 40 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
·
Mendeskripsikan
lahir dan berkembangnya agama dan kebudayaan Hindu-Buddha di India
B. Materi Pembelajaran
·
Lahir
dan berkembangnya agama dan kebudayaan Hindu-Buddha
C. Metode Pembelajaran
Pendekatan dan life skill, pemberian tugas
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.
Kegiatan
Pendahuluan
· Apersepsi guru membuka pembelajaran dengan
mengajukan pertanyaan “Di daerah mana mayoritas penganut agama Hindu di
Indonesia ?”.
· Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
2.
Kegiatan
Inti
·
Penugasan
mencari artikel di internet tentang lahir dan berkembangnya agama dan
kebudayaan Hindu-Buddha di India.
·
Tanya-jawab
berdasarkan hasil temuan peserta didik dari internet dan menugaskan peserta
didik membuat karangan analitis tentang proses perkembangan Hindu-Buddha pada
masa pemerintahan Raja Ashoka dari Dinasti Maurya dari berbagai sumber
(Aktivitas hal 6).
3.
Kegiatan
Penutup
·
Bersama-sama
melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
·
Menarik
kesimpulan materi.
E. Sumber Belajar
·
Kurikulum
KTSP dan perangkatnya
·
Pedoman
Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA XI IPS -
·
Buku
sumber Sejarah SMA XI IPS – ERLANGGA
·
Peta
konsep
·
Buku-buku
penunjang yang relevan
·
Internet
F. Penilaian
·
Portofolio
berbentuk uraian analitis tentang proses perkembangan Hindu-Buddha pada masa
pemerintahan Raja Ashoka dari Dinasti Maurya dari berbagai sumber (Aktivitas
hal 6).
Format
Penilaian Portofolio
Indikator
|
Nilai Kualitatif
|
Nilai Kuantitatif
|
Deskripsi
|
|
Pengantar
|
|
|
|
Menunjukkan dengan tepat isi
karangan/laporan penelitian, kesimpulan maupun rangkuman. Untuk peta, skema,
dan lukisan, mempersiapkan bahan-bahan.
|
Isi
|
|
|
|
Kesesuaian antara judul dengan
isi dan materi. Menguraikan hasil karangan/laporan penelitian, kesimpulan,
dan rangkuman dengan tepat. Menjabarkan peta dan skema sesuai dengan tema
yang diajukan. Melukis sesuai dengan wujud benda yang telah ditentukan.
|
Penutup
|
|
|
|
Memberikan kesimpulan
karangan/hasil penelitian
|
Struktur/logika penulisan
|
|
|
|
Penggambaran dengan jelas
metode yang dipakai dalam karangan/penelitian
|
Orisinalitas karangan
|
|
|
|
Karangan/penelitian,
kesimpulan, rangkuman, peta, skema, dan lukisan merupakan hasil sendiri
|
Penyajian, bahasan dan bahasa
|
|
|
|
Bahasa yang digunakan sesuai
EYD dan komunikatif
|
Jumlah
|
|
|
|
|
Kriteria
Penilaian :
Kriteria
Indikator
Nilai
Kualitatif
Nilai
Kuantitatif
80-100
Memuaskan
4
70-79
Baik
3
60-69
Cukup
2
45-59
Kurang
cukup
1
Kriteria
Penilaian :
|
Mengetahui, Pontianak,
Oktober 2010
Guru Pamong Mahasiswa
PPL
Abdul Pandi adrian saparuddin
NIM 220700299
Tidak ada komentar:
Posting Komentar